Penyebab dan Gejala Vertigo

Gejala lazim penyakit ini yaitu pusing, sensasi kepala berputar atau kepala kliyengan, dan kehilangan keseimbangan. Petunjuk-petunjuk hal yang demikian akan memicu penderitanya mengalami sensasi mual, muntah, mengeluarkan peluh berlebih, sakit kepala, malah kadang disertai nistagmus (gerakan mata yang tak normal), alat pendengar berdenging (tinnitus) dan sensasi merasa akan terjatuh. Umumnya, keadaan ini akan sirna muncul dan dapat berlangsung selama sebagian menit, jam, atau malah hari.

Penyebab dan Gejala Vertigo


Harap konsultasikan ke dokter jikalau keadaan Anda tak kunjung membaik. Dokter umumnya akan menanyakan gejala Anda, mengerjakan pemeriksaan simpel, serta memberi saran pemeriksaan lebih lanjut. Lebih-lebih seandainya frekuensi Anda mengalami penyakit ini termasuk kerap.

Penyebab vertigo hakekatnya tergantung dengan tipe vertigo yang dialami. Saat lazim, terdapat dua tipe vertigo yang dikategorikan menurut penyebabnya. Masing-masing keadaan juga memiliki penyebabnya tersendiri.

1. Vertigo periferal


Ini yaitu tipe vertigo yang paling kerap dialami oleh kebanyakan orang. Penyebab vertigo periferal diakibatkan sebab adanya gangguan pada alat pendengar komponen dalam yang berfungsi untuk memegang keseimbangan tubuh.

Tapi Anda menggerakkan kepala, komponen dalam alat pendengar akan memberi tahu di mana posisi kepala Anda berada lalu mengirimkan sinyal ke otak untuk menjaga keseimbangan. Selain, jikalau terdapat permasalahan pada komponen dalam alat pendengar, karenanya Anda akan menikmati sakit dan pusing. Misalnya ini dapat terjadi sebab adanya peradangan di alat pendengar komponen dalam atau sebab adanya infeksi virus.

Kondisi itu, vertigo tipe ini disebabkan oleh sebagian hal lain seperti:

Benign paroxysmal positional vertigo (BPPV)

BPPV yaitu penyebab vertigo yang paling lazim yakni keadaan di mana vestibuler alat pendengar dalam mengalami gangguan dan dipicu oleh perubahan posisi dan gerakan kepala yang secara tiba-tiba. Saat:
  • Perubahan posisi kepala dari posisi tegak menjadi menunduk tiba-tiba
  • Bangun tiba-tiba dari tidur
  • Gerakan mendongakan kepala
Situasi BPPV juga lebih rentan dialami oleh orang-orang yang pernah mengerjakan operasi pada alat pendengarnya, memiliki riwayat cedera kepala, mengalami infeksi alat pendengar, serta sedang berada dalam masa penyembuhan dan bedrest.

Para pakar menyangka jikalau BPPV terjadi pengaruh adanya serpihan kristal kabonat yang lepas dari dinding saluran alat pendengar komponen dalam. Jadi demikian ini, di dalam alat pendengar komponen tengah, terdapat kristal karbonat yang berfungsi untuk menjadikan ilusi gerak. Tapi perubahan posisi kepala terjadi tiba-tiba, kristal-kristal ini akan masuk ke dalam komponen alat pendengar yang berisi cairan keseimbangan.

Masuknya kristal-kristal hal yang demikian menstimulus gerakan cairan yang tak normal pada ketika Anda menggerakan kepala tertentu. Nah, hal inilah yang membikin seseorang menjadi tak setara dan dunia di sekitarnya terasa berputar-putar.

Situasi ini umumnya terjadi dalam waktu yang singkat dan kerap kali dialami oleh orang yang berusia di atas 50 tahun. Selain, tak menutup kemungkinan juga jikalau orang yang lebih muda dapat mengalami keadaan ini.

Riwayat cedera kepala

Penyebab vertigo periferal yang lainnya yaitu sebab pengaruh dari riwayat cedera kepala. Orang yang mengalami cedera kepala sebelumnya, dapat saja mengalami gangguan alat pendengar dalam yang kemudian menyebabkan vertigo.

Mengalami labirintitis

Labirintitis yaitu peradangan dan infeksi yang terjadi di komponen alat pendengar dalam, secara khusus pada saluran berkelok-kelok dan penuh cairan. Kondisi komponen dalam ini berperan penting dalam memegang pendengaran dan keseimbangan seseorang. Infeksi alat pendengar komponen dalam umumnya disebabkan oleh virus dan kuman, contohnya pada pengidap flu atau pilek.

Meski Anda mengalami penyakit ini sebab labirintitis, karenanya gejala lain yang juga akan muncul yakni mual, muntah, kehilangan kesanggupan pendengaran, nyeri pada alat pendengar, serta demam.

Vestibular neuronitis

Vestibular neuronitis yaitu peradangan yang terjadi pada komponen syaraf alat pendengar yang terhubung segera dengan otak. Peradangan ini diakibatkan oleh infeksi virus yang umumnya terjadi tiba-tiba tanpa diiringi dengan gejala atau petunjuk lainnya, malah tak ada permasalahan pada kesanggupan pendengaran.

Situasi ini bisa terjadi selama sebagian jam dalam sehari. Gejalanya kehilangan kesimbangan, kepala kliyengan, mual, dan malah munta. Pun peradangan ini terjadi di komponen syaraf alat pendengar, keadaan ini umumnya tak membikin penderitanya mengalami kehingalan pendengaran.

Penyakit Ménière

Penyakit Ménière yaitu penyakit langka yang meyerang alat pendengar komponen dalam. Apabila penyakit Ménière ini jarang terjadi, namun keadaan ini dapat menjadi penyebab vertigo yang amat parah. Meski dalam sebagian kasus, gejalanya mencakup alat pendengar berdenging, dan kehilangan pendengaran dalam kurun waktu tertentu.

Meski Anda mengalami penyakit Ménière, karenanya gejala yang timbul akan dialami selama sebagian jam malah berhari-hari. Penyakit ini juga disertai dengan gejala mual dan muntah yang hebat. Mengkonsumsi cukup membahayakan, para pakar belum bisa mempertimbangkan apa yang menjadi penyebab dari penyakit Ménière.

2. Vertigo central

Berbeda dengan vertigo periferal yang disebabkan oleh gangguan pada alat pendengar dan organ keseimbangan, vertigo central terjadi pengaruh adanya permasalahan pada otak.  otak yang paling berakibat kepada kejadian penyakit ini yaitu cerebellum atau otak kecil.

Berikut yaitu sebagian keadaan yang menjadi penyebab vertigo central:
  • Migrain, yakni sakit kepala sebelah tak tertahankan disertai dengan rasa nyeri yang berdetak dan kerap dialami oleh orang yang berusia muda. Migrain umumnya dialami oleh kalangan muda dan dianggap sebagai salah satu penyebab lazim dari penyakit ini. Menghindari pemicu dan mengobati migrain umumnya bisa meringankan penyakit ini.
  • Multiple sclerosis, yaitu gangguan sinyal syaraf yang terjadi pada metode syaraf sentra – otak dan tulang belakang – yang diakibatkan oleh kekeliruan pada metode kekebalan tubuh seseorang.
  • Neuroma akustik yaitu tumor jinak yang tumbuh pada syaraf vestibular, yakni metode syaraf yang mengaitkan alat pendengar dengan otak. Sejauh ini neuroma akustik disebabkan oleh kelainan genetika.
  • Tumor otak yang menyerang cerebellum atau otak kecil, sehingga mengakibatkan gangguan koordinasi gerakan tubuh.
  • Stroke, yakni penyumbatan pembuluh darah yang terjadi pada otak.
  • sebagian tipe obat yang bisa memunculkan efek samping vertigo.

Belum ada Komentar untuk "Penyebab dan Gejala Vertigo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel