Manfaat Terapi Sengat Lebah

Terapi sengat lebah dapat dijalankan dengan dua sistem. Pertama, dengan merekatkan seketika sengat lebah ke kulit manusia. Kedua, dengan menyuntikkan ekstrak racun lebah ke komponen tubuh yang akan diobati. Saja sistem yang dipilih, terapi pilihan yang satu ini diyakini mempunyai sebagian manfaat untuk kesehatan.

Manfaat Terapi Sengat Lebah

Racun lebah mengandung zat kimia yang mempunyai efek antiperadangan. Senyawa-senyawa hal yang demikian diduga kapabel mengurangi rasa nyeri dan mempercepat penyembuhan penyakit tertentu, dengan sistem mengurangi peradangan.

Beraneka penelitian sudah menelaah manfaat terapi sengat lebah untuk mengobati beraneka penyakit, di antaranya:

1. Alergi

Terapi sengat lebah diduga tepat sasaran menolong mengurangi tanggapan kekebalan tubuh penderita alergi, salah satunya . Lebih jauh lagi, terapi pilihan ini diandalkan bisa mengurangi tanggapan peradangan pada penderita asma.

Sedangkan demikian, sejauh ini belum ada bukti klinis yang kuat untuk menunjang manfaat terapi sengat lebah sebagai pengobatan alergi secara biasa.

2. Rheumatoid arthritis (RA)

Penelitian menemukan bahwa terapi sengat lebah bisa mengurangi sembab, nyeri, dan kaku sendi pada penderita rheumatoid arthritis. Kecuali itu, berdasarkan penelitian lain,  pemberian obat-obatan untuk menangani gejala rheumatoid arthritis ditambah terapi sengat lebah juga kelihatan kapabel mencegah kekambuhan penyakit ini.

3. Lupus

Penelitian yang dijalankan kepada binatang menampilkan bahwa terapi sengat lebah kapabel mengurangi peradangan ginjal imbas Tetapi, penelitian lebih lanjut kepada manusia masih diperlukan untuk menandakan manfaat terapi sengat lebah ini.

4. Penyakit syaraf

Terapi sengat lebah juga bisa dimanfaatkan sebagai pengobatan pilihan dalam menyelesaikan penyakit syaraf, seperti penyakit Parkinson dan multiple sclerosis.  Manfaat terapi sengat lebah untuk pengobatan penyakit ini diduga berkaitan efek racun lebah yang mempunyai sifat antiradang.

5. Nyeri punggung

Suatu penelitian klinis kecil menampilkan bahwa penderita nyeri punggung kronis mengalami pembetulan nyeri dan menjadi lebih nyaman menjalani kesibukan, sesudah menerima terapi sengat lebah selama 3 – 6 pekan. Sedangkan terapi sengat lebah diduga bisa menolong mengobati penyakit tertentu, melainkan efektivitas dan keamananan terapi pilihan ini masih perlu diteliti lebih lanjut.
Efek Samping Terapi Sengat Lebah

Sengat lebah mengandung zat yang bisa menyebabkan tanggapan alergi pada beberapa orang. Respon alergi hal yang demikian dapat berimbas fatal.

Malah bagi orang yang tak alergi, terapi amat lebah konsisten berisiko memunculkan efek samping, seperti gatal, kulit sembab, sakit kepala, batuk, kontraksi rahim, kulit menguning (jaundice), nyeri, dan lemah otot.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Terapi Sengat Lebah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel