Khasiat Bawang Putih untuk Mengobati Batuk dan Pilek

Pilek dan flu merupakan penyakit yang benar-benar gampang menular. Pasalnya, virus akan menyebar di udara dan merekat pada benda-benda tertentu via tetesan air liur dari orang yang terinfeksi. Dikala virus masuk ke tubuh dan menyebabkan infeksi, tubuh akan memunculkan bermacam gejala.


Gejala pilek dan flu sesungguhnya hampir sama, ialah bersin-bersin, hidung meler, dan sakit tenggorokan. Cuma saja gejala flu lazimnya jauh lebih parah, seperti menyebabkan demam disertai menggigil. Nah, salah satu obat natural untuk mengobati flu dan pilek yang acap kali dipakai merupakan bawang putih.

Studi melaporkan bahwa bawang putih mengandung senyawa allicin. Senyawa ini dikenal bisa meningkatkan metode kekebalan tubuh untuk melawan bakteri. Caranya, dengan menstimulus sebagian variasi sel darah putih untuk menemukan virus flu dan pilek lebih pesat.

Kecuali allicin, bawang putih juga mengandung vitamin C. Vitamin ini memang tak diperlukan dalam jumlah banyak, melainkan perannya benar-benar penting untuk metode kekebalan tubuh. Vitamin C mensupport fungsi metode kekebalan tubuh untuk membunuh patogen (virus, bakteri, jamur yang menyebabkan penyakit).

Dikala sakit, metode kekebalan tubuh melemah. Dikala senyawa dan vitamin tertentu bisa meningkatkan metode kekebalan tubuh, tubuh Anda akan kian kuat untuk melawan infeksi. Itu artinya, gejala dari suatu penyakit akan lebih ringan dan cara kerja penyembuhannya jadi lebih pesat. Seperti itulah khasiat bawang putih untuk flu atau pilek.

Bawang putih bisa dimakan dengan bermacam sistem, dikunyah mentah, dimasak, dibakar, atau dicampurkan pada makanan tertentu. Untuk menerima khasiat bawang putih untuk mengobati flu atau pilek, Anda patut tahu lebih dahulu sistem memakainya. Bagaimana caranya?

Senyawa allicin —senyawa penting untuk menyembuhkan flu atau pilek— mulanya tak terkandung pada bawang putih. Jadi, bawang putih mengandung senyawa yang mulanya alliin bukan allicin. Senyawa allicin akan aktif cuma pada situasi tertentu, ialah saat terkena panas. Kecuali dipanaskan, khasiatnya akan lebih tepat sasaran apabila bawang putih dihancurkan atau potong sebelum dimakan.

Agar tak kebingungan, ikuti langkah-langkah berikut untuk mengembangkan kandungan bawang putih sebagai obat flu dan pilek, seperti:
  • Hancurkan bawang dengan menekan komponen atas permukaannya
  • Dapat juga mengiriskan bawang menjadi sebagian komponen kecil
  • Kemudian, panaskan bawang putih selama 10 menit dengan api kecil
  • Sedangkan panas akan mengaktifkan allicin, gizi lainnya akan berkurang apabila dipanaskan. Jadi, pastikan Anda memakai lebih dari satu siung
  • Melainkan, jangan biarkan bawang putih yang telah dihancurkan dibolehkan dalam udara terbuka lebih dari 10 menit. Ini dapat menghilangkan gizi tertentu dari bawang putih.
Bawang putih memang mempunyai potensi untuk meringankan gejala dan mempercepat cara kerja pemulihan tubuh dari flu atau pilek. Melainkan, ini tak dapat Anda andalkan sebagai satu-satunya sistem mengobati pilek dan batuk. Anda mungkin perlu mengerjakan perawatan lainnya, seperti:
  • Perbanyak minum, agar menolong mengencerkan lendir
  • Minum obat flu atau pilek tanpa resep yang dipasarkan di apotik atau kios obat
  • Mencoba terapi uap untuk melegakan pernafasan, seperti minum air hangat, mandi, atau berendam air hangat sejenak
  • Penuhi keperluan gizi lainnya, secara khusus vitamin C agar tubuh jadi lebih kuat
  • Rehat yang cukup agar tubuh tak kelelahan

Belum ada Komentar untuk "Khasiat Bawang Putih untuk Mengobati Batuk dan Pilek"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel