Bayi Atau Balita Terkena Mata Ikan?

Mata ikan ialah benjolan keras dan kasar di kulit yang lazimnya memunculkan rasa sakit. Lazimnya terjadi pada si kecil umur 12 sampai 16 tahun. Tapi, mungkinkah mata ikan pada bayi atau balita dapat terjadi? Yuk, cari tahu jawabannya sekalian metode menyelesaikannya berikut ini.

Bayi Atau Balita Terkena Mata Ikan

Mata ikan atau clavus disebabkan oleh virus human papillomavirus (HPV). Benjolan keras ini memang amat lazim timbul di zona tumit atau telapak kaki. Tapi, dapat juga timbul di zona lainnya pada tubuh, seperti sekitar kuku, wajah, dan di dekat lutut. Ukurannya malahan pelbagai, lebih kecil dan halus atau besar dan terasa kasar.

Sebanyak 10 sampai 20% si kecil-si kecil pernah mengalami mata ikan. Lazimnya terjadi pada umur 12 sampai 16 tahun.  Tapi, tak menutup kemungkinan bila mata ikan pada bayi atau balita dapat juga terjadi. Bagaimana dapat?

Clavus memang bukan penyakit yang berbahaya, melainkan bisa menular dengan gampang bila ada luka atu goresan di kulit. Virus HPV yang menyebabkan mata ikan pada bayi ini, bisa bermigrasi dengan beragam metode. Mulai dari kontak jasmaniah atau meraba sesuatu yang terpapar dengan virus, seperti handuk, sendal, sepatu, malah lantai.

Ada sebagian hal yang menyebabkan mata ikan pada bayi atau balita rentan terjadi, seperti:

1. Bayi mempunyai cara kekebalan tubuh yang lemah. Bayi prematur atau mempunyai situasi medis tertentu lazimnya mempunyai cara imun yang rendah sehingga virus bisa dengan gampang menyerang tubuh.
2. Balita yang punya budaya menggigiti kuku. Balita yang punya budaya buruk ini gampang sekali terluka pada jari-jarinya sehingga bisa menghasilkan kans virus masuk ke tubuh lebih gampang.
3. Bayi atau balita yang menjalani transplantasi organ. Kecil dengan transplantasi organ lazimnya mempunyai cara kekebalan yang terganggu sehingga rentan terinfeksi virus lebih gampang.

Progres pertumbuhan mata ikan pada bayi biasanya amat lambat, lazimnya berminggu-pekan malah lebih. Kemudian, akan sirna dalam waktu berbulan-bulan atau bertahun-tahun dengan sendirinya. Tapi, agar lebih kencang sembuh dan melegakan si kecil dari rasa tak nyaman, Anda dapat mengerjakan pengobatan ke dokter.

Belum ada Komentar untuk "Bayi Atau Balita Terkena Mata Ikan?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel